Pages

Senin, 21 November 2016

MEMAHAMI PRINSIP- PRINSIP PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI KANTOR



C.     BentukBentuk Organisasi
Berdasarkan pola hubungan kerja serta alur wewenang dan tanggung jawabnya dibagi menjadi 3 macam:
1.      Organisasi Garis/Lini
2.      Organisasi Garis dan Staf
3.      Organisasi fungsional

D.    Pengertian Pekerjaan Kantor
1.      George R. Terry, pekerjaan kantor meliputi penyampaian keterangan secara lisan dan pembuatan warkatwarkat tertulis dan laporanlaporan sebagai cara untuk meringkaskan banyak hal dengan cepat, guna menyediakan suatu landasan fakta bagi tindakan pengawasan pimpinan.
2.      Willian Leffingwell dan Edwin Robinson, menekankan kepada warkatwarkat dari badan usaha, pembuatan warkatwarkat, dan pemeliharaannya untuk digunakan mencari keterangan di kemudian hari.

E.     Fungsi Pekerjaan Kantor
1.      Memberikan pelayanan terhadap pelaksanaan pekerjaanpekerjaan operatif untuk mencapai tujuan organisasi.
2.      Menyediakan informasi/keterangan bagi pimpinan organisasi untuk membuat keputusan.
3.      Membantu kelancaran perkembangan organisasi secara keseluruhan.

Mengidentifikasi pekerjaan kantor
A.    JenisJenis Pekerjaan Kantor
1.      Menghimpun
2.      Mencatat
3.      Menggandakan
4.      Mengirim
5.      Menyimpan
6.      Melakukan komunikasi
7.      Menghitung
8.      Pekerjaan lainnya


B.     CiriCiri Pekerjaan Kantor
1.      Bersifat pelayanan
2.      Terbuka dan luas
3.      Dilaksanakan oleh semua pihak dalam organisasi

C.     Hasil Jasa atau Produk Pekerjaan Kantor
1.      Surat
Adalah media komunikasi tertulis yang berisi buah pikiran atau informasi yang disampaikan kepada pihak lain untuk mendapatkan tanggapan.
2.      Laporan
Adalah suatu bentuk penyampaian informasi, data, atau berita baik secara lisan maupun tertulis. Didalam laporan terdapat kegiatan pencatatan, pengumpulan, pemeriksaan, pengetikan dan pengolahan data.
3.      Berbagai macam dokumen tertulis
Dokumen tertulis lain: tabel, peta, grafik, gambar, buku atau paper Hasil jasa pekerjaan kantor: kegiatan melayani tamu atau kegiatan memberikan informasi secara langsung.
4.      Arsip
Merupakan data atau catatan berupa tulisan baik tercetak atau terekam berupa informasi yang telah terjadi atau berkaitan dengan masa lalu yang disimpan menurut suatu cara tertentu sehingga informasi tersebut dapat digunakan dengan lebih baik dan lebih lama.

Mengidentifikasi sarana dan prasarana administrasi perkantoran

1.      JenisJenis Sarana dan Prasarana Kantor
Pengertian sarana menurut KBBI, adalah segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat dalam mencapai maksud atau tujuan, alat.
Prasarana adalah segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses (usaha, pembangunan, proyek).
1)      Peralatan/Perlengkapan Kantor (Offiece Supplies)
2)      MesinMesin Kantor (Office Machine)
3)      Mesin Komunikasi Kantor
4)      Perabot Kantor (Office Furniture)
5)      Interior Kantor (Office Arrangement)
6)      Tata Ruang Kantor (Office Lay Out)
2.      Pengelolaan Sarana dan Prasarana Kantor
Kegiatan pengelolaan sarana dan prasarana kantor meliputi: pengadaan, penyimpanan, pemeliharaan, inventarisasi, dan laporan sarana dan prasarana.
a)      Pengadaan
Adalah semua kegiatan penyediaan sarana dan prasarana (perbekalan) untuk menunjang pelaksanaan tugas.
b)      Penyimpanan
Adalah kegiatan yang dilakukan oleh satuan kerja atau petugas gudang untuk menampung hasil pengadaan barang/bahan kantor, baik berasal dari pembelian, instansi lain, atau yang diperoleh dari bantuan.
c)      Pemeliharaan                                                                           
Adalah kegiatan terus menerus untuk mengusahakan agar barang/bahan kantor tetap dalam keadaan baik atau siap untuk dipakai.
Kegiatan pemeliharaan sarana dan prasarana dapat dilakukan denga berbagai cara:
a.       Pemeliharaan berdasarkan waktu
b.      Pemeliharaan berdasarkan jenis barang
d)     Inventarisasi
e)      Laporan sarana dan prasarana
Adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk melaporkan keadaan sarana dan prasarana kantor, baik persediaan, mutasi maupun keadaan fisik dari sarana dan prasarana tersebut dalam periode waktu tertentu. Laporan ini biasanya dibuat dalam jangka waktu tiga bulan, enam bulan atau satu tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About