Pages

Rabu, 17 Mei 2017

MELAKUKAN KOMUNIKASI BISNIS


MEMILIH MEDIA KOMUNIKASI


 Pengertian Media Komunikasi dan Fungsinya
Media komunikasi adalah media yang dipakai dalam proses komunikasi untuk mencapai suatu tujuan.
Fungsi media komunikasi:
1.    Mempermudah penyampaian pesan/berita/warta/informasi
2.    Sebagai alat untuk membangkitkan motivasi
3.    Mengefektifkan proses penyampaian pesan/berita/warta/informasi
4.    Sebagai alat untuk membangkitkan daya tarik pesan/berita/warta/informasi
5.    Mempermudah penyampaian informasi/berita/pesan dari komunikator
6.    Mempersingkat waktu dalam penyampaian pesan/berita/warta/informasi
7.    Mengkongkretkan  isi berita yabng sifatnya abstrak
8.    Memperjelas isi informasi yang disampaikan komunikator
B.   JenisJenis Media Komunikasi
1.    Berdasarkan cara penggunaan atau sifatnya
a.    Audial (pendengaran): radio, tape recorder, telepon, dll b.    Visual (penglihatan): surat, poster, OHP, dll
c.    Audio visual (pendengaran dan penglihatan): TV, Video, film, sinetron, dll
2.    Berdasarkan sasarannya
a.    Nirmassa (sasaran tunggal): telepon, surat, telegrapf, brosur, plakat, dll b.    Massa: radio, televisi, film, surat kabar, majalah, dll
3.    Berdasarkan jenis‐jenis media komunikasi yang digunakan seharihari a.    Surat pribadi (visual)
b.    Telepon (audial)
c.    Pertemuan (audiovisual)
Media komunikasi audiovisual dalam komunikasi kelompok yang bersifat langsung. d.    Wawancara (audiovisual)
Berlangsung dengan tatap muka dua arah. Banyak dipakai dalam komunikasi vertikal. e.    Kunjungan
Adalah  jenis  media  komunikasi  audiovisual  dalam  kelompok  yang  bersifat  informal  dan  dilakukan  oleh organisasi.



f.      Multimedia
Telekonferensi   adalah   konferensi   yang   diselenggarakan   secara   berjauhan   dengan   menggunakan   alat multimedia.
C.   Keuntungan dan Kelemahan Penggunaan Media Komunikasi
1.    Media audio (pendengaran)
a.    Keuntungan:
      Alatnya sangat sederhana
      Mudah dibuat dan dipergunakan
      Harganya relatif murah
      Dapat membangkitkan fantasi pendengarnya b.    Kelemahan:
      Sulit dikontrol
      Kualitas suara cenderung menurun
      Apabila ada kesalahan, harus membuat naskah yang baru
      Tidak dapat diperkenalkan halhal yang visual
2.    Media visual
a.    Keuntungan:
      Menghemat tenaga
      Menghemat waktu
      Pembuatan dan penggunaanya lebih mudah
      Biaya pembuatannya relatif murah
      Informasi yang disampaikan lebih jelas

b.    Kelemahan:
      Biasanya menimbulkan rasa bosan
      Menimbulkan gangguangangguan  yang tidak diinginkan
      Perlu waktu yang cukup lama guna menafsirkan pengertiannya
3.    Media audio visual a.    Keuntungan:
      Tidak membosankan
      Informasi lebih jelas dan cepat dimengerti
      Informasi dapat diterima sesuai dengan kenyataan
      Hasilnya dapat dimengerti yang sebenarnya b.    Kelemahan:
      Kejelasan suaranya kadang‐kadang kurang
      Memakan tempat yang luas
      Biayanya relatif mahal
      Perlu waktu di dalam persiapan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About