Pages

Sabtu, 10 Februari 2018

MENGIDENTIFIKASI PROSES KOMUNIKASI



A.      Pengertian Komunikasi dan Lambang Komunikasi

1.       Pengertian Komunikasi
1)      Asal kata dari bahasa latin, communicatio yaitu sama makna. Maksudnya, komunikasi terjadi jika antara orang-orang yang terlibat ada kesamaan makna mengenai sesuatu yang disampaikan
2)      Menurut KBBI:
a)      Pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami;hubungan;kontak
b)      perhubungan
3)      Prof. Drs. Onong Uchjana, M.A, adalah proses penyampaian suatu pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberi tahu atau untuk mengubah sikap, pendapat atau perilaku, baik langsung secara lisan maupun tak langsung melalui media
4)      Wiliam C. Himstreet dan Wayne M. Batty (dalam buku Bussines Commnunications Principles and Method), adalah suatu proses pertukaran informasi antara individu-individu melalui sistem biasa, baik dengan simbol-simbol, sinyal-sinyal, maupun perilaku atau tindakan
Komunikasi bisnis dibagi menjadi dua macam:
a.       Komunikasi verbal
Adalah salah satu cara berkomunikasi yang disampaikan kepada orang lain dalam bentuk tulisan dan lisan. Contoh:
1)      Mendengarkan: radio, televisi, orang berbicara langsung
2)      Berbicara: berdiskusi, berbincang-bincang dengan orang tua, berpidato
3)      Membaca: buku, majalah, surat kabar
4)      Menulis: surat niaga, cerpen, laporan, naskah drama
b.      Komunikasi nonverbal
1)      Gerakan-gerakan tubuh atau bahasa isyarat
2)      Memakai sesuatu seperti seragam
2.       Pengertian Lambang Komunikasi
Menurut KBBI, lambang adalah sesuatu seperti tanda (lukisan, perkataan, lencana, dan sebagainya). Menurut bahasa inggris, lambang adalah symbol, yang artinya rumusan tanda pengenal yang tetap berupa perkataan, gambar atau tanda lainnya.


Kegunaan lambang:
a.       Alat untuk mempengaruhi komunikan
b.      Alat untuk menjadikan seseorang paham akan pesan yang disampaikan
c.       Alat untuk menjadikan pengertian terhadap pesan-pesan yang disampaikan
d.      Alat untuk menghubungkan komunikator dengan komunikan
e.      Alat untuk mencapai suatu tujuan komunikasi
Jenis-jenis lambang:
a.       Lambang gerak: menggunakan gerakan anggota badan.
b.      Lambang suara: menggunakan pendengaran. Contoh: suara sirine, tv, lonceng, berteriak, dll
c.       Lambang warna: lampu lalu lintas,
d.      Lambang gambar: rambu-rambu lalu lintas, iklan majalah, surat kabar
e.      Lambang bahasa: bahasa yang diucapkan. Contoh: nada lagu, irama, aksen
f.        Lambang huruf: huruf-huruf abjad, aksara jawa, dll
g.       Lambang angka: alat-alat hitung, kode telepon rumah
Franklin Fearing membagi karakteristik ciri lambang komunikasi menjadi 3 macam:
1)      Lambang dibuat oleh manusia
2)      Mempunyai nilai komunikasi
3)      Dipergunakan dengan maksud untuk mengadakan suatu situasi baru

B.      Proses Komunikasi

1.       Unsur-unsur komunikasi
a.       Komunikator: orang yang menyampaikan pesan
b.      Komunikan: orang yang menerima ide, pesan, pernyataan, dll
c.       Pesan: ide atau keinginan dari komunikator yang didukung oleh lambang
d.      Media: sarana atau saluran yang menunjang pesan
e.      Efek atau feedback: pengaruh dari adanya pesan
2.       Efek yang timbul karena berkomunikasi
a.       Efek kognitif: menyebabkan komunikan menjadi lebih tahu
b.      Efek afektif: menyebabkan komunikan tergerak hatinya
c.       Efek behavioral: menyebabkan komunikan melakukan suatu tindakan
3.       Proses komunikasi
a.       Proses komunikasi secara langsung (tatap muka)
b.      Proses komunikasi bermedia
Dibagi menjadi dua macam:
1)      Komunikasi bermedia massa
2)      Komunikasi bermedia nirmassa

C.      Komunikasi Bisnis (Penjualan) di Tempat Kerja

Ada empat ketrampilan yang harus dimiliki pelaku bisnis:
1.       Membaca
2.       Mendengarkan
3.       Berbicara
4.       menulis

D.      Persyaratan Kemampuan Berkomunikasi

1.       Faktor pendukung
a.       Pemilihan informasi atau data yang akan disampaikan (pesan)
Informasi/data/pesan harus memenuhi syarat:
1)      Penyampaian harus sesuai dengan yang dibutuhkan
2)      Mengandung kebenaran yang objektif
3)      Aktual, tepat waktu dan tepat guna
b.      Cara penyampaian atau pengiriman data atau pesan
1)      Kejelasan
2)      Konsekuensi dan keseimbangan
3)      Kemampuan dan pelaksanaan
4)      Keseragaman
5)      Kelancaran distribusi
Menurut Scott M. Cultip dan Allen, dalam buku Effective Public Relations, faktor agar komunikasi berlangsung efektif dikenal dengan sebutan The Seven C’Commnunications, isinya sebagai berikut:
a.       Credibility
b.      Context
c.       Content
d.      Clarity
e.      Continuity and consistency
f.        Capability of audience
g.       Channels of distribution
2.       Etika berkomunikasi
Etika adalah suatu ilmu yang membahas masalah perbuatan atau tingkah laku manusia, mana yang dapat dinilai baik dan mana yang dapat dinilai tidak baik.
Pengertian komunikasi secara umum adalah proses pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara komunikator dengan komunikan, baik secara langsung maupun tidak langsung atau melalui media, sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami.
Etika komunikasi adalah penyampaian pesan atau berita antara komunikator dengan komunikan dengan memerhatikan perilaku, sikap yang baik dan yang tidak baik, untuk dilakukan ketika berkomunikasi.
3.       Kesalahpahaman dalam berkomunikasi
a.       Masalah dalam mengembangkan pesan
b.      Masalah dalam menyampaikan pesan
1)      Rintangan bersifat teknis
-          Kurangnya media yang dibutuhkan
-          Faktor fisik seperti sambungan kabel yang kurang baik, akustik yang lemah, pesan tertulis yang tidak terbaca
-          Penguasaan teknik dan metode berkomunikasi yang tidak memadai
2)      Rintangan perilaku
-          Adanya pandangan yang bersifat apriori atau ada rasa tidak suka/tidak mendukung
-          Adanya prasangka yang disebabkan emosi
-          Sikap yang otoriter dan keras kepala
3)      Rintangan bahasa
-          Menggunakan kata-kata, istilah yang tidak dipahami komunikan
-          Menggunakan tata bahasa yang tidak tepat
-          Menggunakan kata-kata atau kalimat yang panjang dan bertele-tele
-          Menggunakan kode-kode, lambang-lambang atau bahasa isyarat yang tidak jelas
-          Tidak mengingat tingkat kemampuan atau pendidikan komunikan
4)      Rintangan struktur
Adalah rintangan yang terjadi karena adanya perbedaan tingkat dan perbedaan kerja dalam struktur organisasi. Misalnya seorang bawahan segan dan malu terhadap atasannya yang berwibawa. Cara menghindari rintanga struktur:
a)      Seorang pimpinan harus terbuka, supel, mau dan mudah bergaul dengan bawahan
b)      Seorang bawahan harus memiliki rasa berani. Pandangan bahwa pimpinan juga sama-sama manusia
c)       Hubungan jangan terlalu formal
5)      Rintangan jarak
6)      Rintangan latar belakang
Terjadi karena adanya perbedaan sosial dan pendidikan. Rintangan pendidikan dibagi menjadi 2:
a)      Taraf horizontal (pendidikan tingkat sarjana)
b)      Taraf vertikal (pendidikan tingkat dasar dan menengah)
4.       Cara memperbaiki komunikasi
a.       Persepsi
b.      Ketepatan
c.       Kredibilitas
d.      Pengendalian
e.      Kecocokan/keserasian
Secara umum dapat disimpulkan bahwa komunikasi dapat berlangsung lancar dan efektif apabila komunikator:
1)      Membuat pesan secara lebih berhati-hati
2)      Meminimalkan gangguan dalam proses komunikasi
3)      Menggunakan sarana komunikasi yang cepat dan tepat
5.       Cara meningkatkan ketrampilan komunikasi
Ketrampilan komunikasi khusus yang harus dimiliki dalam komunikasi bisnis adalah:
a.       Membaca
b.      Mendengarkan
c.       Membuat atau melakukan percakapan menarik
d.      Melakukan wawancara
e.      Berhubungan dengan kelompok-kelompok kecil
f.        Berpidato dan melakukan presentasi
g.       Menulis surat, memo, disposisi, dan laporan
Agar ketrampilan komunikasi dapat meningkat, hal yang harus dilakukan sebagai berikut:
a.       Menilai diri pribadi secara jujur
b.      Meningkatkan kemampuan komunikasi melalui latihan-latihan atau praktek-praktek
c.       Menentukan setiap tujuan komunikasi secara jelas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About