Pages

Kamis, 12 Januari 2017

Melakukan Pelayanan Prima Kepada Pelanggan



Pengertian Pelayanan Prima (Customer Care)

Pelayanan Prima (Customer Care) merupakan faktor yang sangat menentukan keberhasilan  kelangsungan  hidup  suatu  perusahaan  yang  berorientasi  profit  ataupun non          profit. Customer          care   berkaitan      dengan, kepuasan pelanggan, sehingga pelanggan      dipuaskan    dengan pelayanan     yang  diberikan.     Dapat diyakini       bahwa pelanggan  anda  akan  tetap  menjadi  pelanggan  setia  meskipun  persaingan  bisnis  yang begitu tajam senyampang pelanggan merasa puas.
Jika  dilihat  dari  asal  katanya  customer  berarti  pelanggan,  jadi  yang  dimaksud dengan customer care ( pelayanan prima) adalah “kepedulian terhadap pelanggan”. Customer  care   pada  dasarnya          adalah         kepedulian  organisasi   yang berorientasi keuntungan  (profit  oriented)  atau  organisasi  yang  berorientasi  social  (non  profit) terhadap  pelanggan       yang  ditunjukkan  dengan  adanya  sikap,  perhatian  dan  tindakan nyata sehingga pelanggan merasa puas dengan pelayanan kita.
Terdapat tiga prinsip  customer  care yang dikenal dengan konsep 3A. Ketiga konsep  tersebut  harus  diterapkan  dengan  benar  dalam  pelayanan  kepada  pelanggan, baik pelanggan internal maupun pelanggan eksternal Prinsip yang dimaksud adalah :
a. Harus menyajikan sikap (Attitude ) yang benar.
b. Harus memberikan perhatian (Attention) yang tidak terbagi
c. Diatas semuanya pelanggan mencari tindakan ( Action).

2. Harapan Pelanggan Dalam Pelayanan
Pelanggan  memiliki  harapan  yang  begitu  besar  terhadap  pelayanan  perusahaan. Sebagai produsen atau sebagai penyedia jasa kita harus mampu memberikan layanan prima kepada pelanggan bukan hanya sekedar layanan yang baik. Akan tetapi mampu memuaskan pelanggan (customer satisfaction).
Perlu  kita  sadari  bahwa  tidak  semua  pelanggan  memiliki  sifat  dan  karakter  yang sama.  Mereka  memiliki  nilai-nilai  tertentu  yang  diyakininya,  oleh  karena  itu  layanan yang   diberikan   kepada   pelanggan   harus   disesuaikan   dengan   sifat   dan   karakter pelanggan, meski hal itu sangat sulit untuk dilakukan.


3. Pentingnya Pelanggan
Keberhasilan   dalam   melakukan   suatu   bisnis   akan   sangat   tergantung   pada pelanggan, baik pelanggan dalam perusahaan atau pelanggan dari luar perusahaan. Pelangganlah yang   sesungguhnya          menghidupi  kita.   Bisnis akan   hancur         tanpa pelanggan.  Itulah  sebabnya  kita  harus  memberikan  layanan  prima  kepada  pelanggan terlebih pada era persaingan seperti sekarang ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About