Pengertian
Pelayanan Prima (Customer Care)
Pelayanan Prima (Customer Care) merupakan faktor yang sangat
menentukan keberhasilan kelangsungan hidup suatu perusahaan yang berorientasi profit ataupun non profit. Customer care berkaitan dengan, kepuasan
pelanggan, sehingga pelanggan dipuaskan dengan pelayanan yang diberikan. Dapat
diyakini bahwa pelanggan anda akan
tetap menjadi pelanggan setia meskipun persaingan bisnis yang begitu
tajam senyampang pelanggan merasa
puas.
Jika
dilihat dari
asal katanya
customer berarti pelanggan, jadi yang dimaksud
dengan customer care (
pelayanan prima) adalah “kepedulian terhadap pelanggan”. Customer care pada dasarnya adalah kepedulian organisasi yang berorientasi
keuntungan (profit
oriented)
atau organisasi
yang berorientasi
social (non
profit)
terhadap pelanggan yang ditunjukkan
dengan adanya
sikap, perhatian
dan tindakan
nyata sehingga pelanggan
merasa puas dengan
pelayanan kita.
Terdapat tiga prinsip
customer care yang dikenal
dengan konsep 3A. Ketiga
konsep tersebut harus
diterapkan dengan benar
dalam pelayanan
kepada pelanggan,
baik pelanggan internal maupun
pelanggan eksternal
Prinsip yang dimaksud
adalah :
a.
Harus menyajikan sikap (Attitude ) yang
benar.
b. Harus
memberikan perhatian (Attention) yang tidak
terbagi
c.
Diatas semuanya pelanggan mencari
tindakan ( Action).
2. Harapan
Pelanggan Dalam Pelayanan
Pelanggan
memiliki
harapan yang begitu
besar terhadap
pelayanan perusahaan.
Sebagai produsen atau sebagai penyedia jasa kita harus mampu memberikan layanan
prima kepada pelanggan bukan hanya sekedar layanan
yang baik. Akan tetapi mampu
memuaskan pelanggan (customer satisfaction).
Perlu kita sadari bahwa tidak semua pelanggan memiliki sifat dan karakter yang sama. Mereka
memiliki nilai-nilai
tertentu yang diyakininya, oleh karena itu layanan yang
diberikan kepada pelanggan harus disesuaikan dengan sifat dan karakter
pelanggan,
meski hal itu
sangat sulit untuk
dilakukan.
3. Pentingnya Pelanggan
Keberhasilan dalam melakukan suatu bisnis akan sangat tergantung pada
pelanggan, baik pelanggan dalam
perusahaan atau pelanggan dari luar
perusahaan. Pelangganlah yang sesungguhnya menghidupi kita. Bisnis akan hancur tanpa pelanggan. Itulah sebabnya kita harus memberikan layanan prima kepada pelanggan terlebih
pada era persaingan seperti sekarang ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar