1. Manajemen
kantor adalah perencanaan pengorganisasian pengkordinasian dan pengawasan
pekerjaan kantor dan pelaksanaannya untuk mencapai tujuan yang telah
ditentukan. Pengertian manajemen kantor ini dikemukakan oleh…
a.
William Spriegel
d.The Liang Gie
b.
Arthur
Grager e.George R Terry
c.
Edwin Robinson
2. Memberikan
pelayanan komunikasi dan perekaman merupakan …
a.
Pengertian kantor
d.Tujuan kantor
b.
Fungsi
Kantor
e.tata letak kantor
c.
Manfaat kantor
3. Tata
ruang kantor,penerangan/cahaya,ventilasi,perlengkapan perabotan dan lain lain
merupakan bagian dari
…
a.
lokasi kantor
d.Pengawasan
kantor
b.
Pengorganisasian kantor
e.Fasilitas kerja kantor
c.
Perencanaan kantor
4. Pengaturan
berbagai macam fungsi organisasi dengan pelaksana yang melaksanakan
fungsi-fungsi organisasi merupakan pengertian dari…
a.
Perencanaan kantor
d.Pengawasan kantor
b.
Pengorganisasian kantor
e.Fasilitas kerja kantor
c.
Pengarahan kantor
5. Berikut
yang termasuk unsur administrasi adalah…
a.
Manajemen
d.rutin
b.
Analisis
e.Observasi
c.
Teknis
6. Kegiatan
memastikan bahwa sasaran dan hal yang telah direncanakan berjalan sesuai dengan
harapan atau target merupakan pengertian …
a.
Pengawasan kantor
d.Perencanaan kantor
b.
Pengarahan kantor
e.Pengkordinasian kantor
c.
Pengorganisasian kantor
7. Yang
bukan termasuk Sarana dan Fasilitas kerja kantor adalah…
a.
lokasi
kantor
d.Peralatan
b.
Humas
e.Mesin mesin kantor
c. Gedung
8. Istilah
administrasi perkantoran dalam kepustakaan luar negeri disebut…
a.
Office planning
d. Office organizing
b.
Office administrative
e. Office work
c. Office management
9. Berikut
ini yang termasuk dalam perencanaan perkantoran (office planning), yaitu…
a.
Anggaran (budgeting)
d. Pengorganisasian perkantoran
b.
Waktu perkantoran
e. Pelayanan
kantor
c.
pegawai perkantoran
10.
Ruang lingkup administrasi meliputi kegiatan kantor dan sarana fasilitas kerja
perkantoran. Berikut ini yang termasuk salah satu kegiatan kantor adalah …
a.
Tata
usaha
d. Analisis perkantoran
b.
Tata hubungan
e. Pengawasan perkantoran
c.
Kepegawaian
11.
Administrasi mempunyai 5 fungsi pendukung. Fungsi administrasi yang membutuhkan
pemikiran minimal mancakup pengarsipan dan penggandaan, merupakan fungsi…
a.
Rutin
d. Teknis
b.
Analisis
e. interpersonal
c.
Manajerial
12.
Berikut ini merupakan salah satu prinsip organisasi, kecuali…
a.
Prinsip perumusan
tujuan
d. Prinsip kekuasaan
b.
Prinsip pembagian
kerja
e. Prinsip kesatuan perintah
c.
Prinsip koordinasi
13.
Dalam menjalankan kegiatannya, organisasi dibagi menjadi beberapa unit yang
diberi wewenang untuk melaksanakan tugas-tugas dan akan dimintai pertanggung
jawabannya, berarti organisasi tersebut menerapkan prinsip…
a.
Kesatuan perintah
d. Pendelegasian wewenang
b.
Koordinasi
e. Rentang organisasi
c.
Pembagian tugas
14.
Karyawan lebih sulit untuk mengembangkan diri, merupakan kekurangan dari bentuk
organisasi…
a.
Staf
d. Fungsional dan garis
b.
Fungsional
e. Garis/Lini
c.
Garis dan staf
15.
Salah satu fungsi pekerjaan kantor dalam organisasi adalah sebagai berikut,
kecuali…
a.
Memberikan pelayanan untuk mencapai tujuan organisasi
b.
Menyediakan informasi bagi pimpinan
c.
Menyediakan keterangan bagi pimpinan untuk mengambil keputusan
d.
Membantu kelancaran perkembangan organisasi secara keseluruhan
e.
Meningkatkan motivasi karyawan
16.
Apa bila seorang pimpinan tidak mempunyai bawahan yang jelas karena setiap
pimpinan berwenang untuk memberikan perintah kepada setiap bawahan jika ada
hubungannya dengan fungsi pimpinan tersebut. Spesialisasi setiap bawahan dapat
dikembangkan dan dimanfaatkan semaksimal mungkin tetapi sulit untuk melakukan
tour of duty, merupakan bentuk organisasi…
a.
Fungsional
d. Fungsional dan garis
b.
Staf
e. Lini
c.
Garis dan staff
17.
Pekerjaan penunjang tugas utama, yang berkaitan dengan pekerjaan dibidang tulis
menulis, catat mencatat yang berhungan dengan pekerjaan kertas, maupun
pelayanan,
merupkan pengertian dari…
merupkan pengertian dari…
a.
Pekerjaan tulis
d. Pekerjaan kertas
b.
Manajemen
e. Pekerjaan melayani
c.
Pekerjaan kantor
18.
Salah satu contoh pekerjaan kantor adalah…
a.
Traveling
d. Maling
b.
Mailing
e. penunjang
c.
Driving
19.
Berikut ini termasuk dalam kegiatan pekerjaan kantor yang dilaksanakan di
sekolahan yaitu…
a.
Mengajar
siswa
d. Mencatat pesanan
b.
Membuat soal-soal
ulangan
e. memeriksa pasien
c.
Memberikan hukuman
20. Pekerjaan calculating (menghitung)
berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh George R. Terry dalam persentase
adalah sebesar
a.
6,5
%
d. 12,3 %
b. 8,8
%
e. 19,5 %
c.
10,2 %
21.
Lembaran kartu atau kertas yang mempunyai ukuran tertentu yang dicetak dan di
dalamnya terdapat beberapa informasi yang sifatnya tetap dan beberapa informasi
yang sifatnya tidak tetap disebut…
a.
Surat
d.
arsip
b.
Laporan
e. warkat
c.
Formulir
22.
Berikut ini yang bukan termasuk faktor-faktor yang mempengaruhi tata ruang
kantor adalah….
a.
Sistem
pencahayaan
d. Sistem cuaca
b.
Sistem
warna
e. Sistem udara
c.
Sistem udara
23.
Penggunaan cahaya yang berasal dari sinar matahari, biasannya memanfaatkan
dekorasi jendela, kaca, dinding dan cahaya langit yang berpadu adalah jenis
pencahayaan…
a.
Task
lighting
d. Accent lighting
b.
Natural
lighting
e. Nurani lighting
c.
Ambient lighting
24.
Pemberian warna biru pada dinding kantor memiliki tujuan agar…
a.
Membangkitkan
energy d. memberikan perasaan tenang,tentram dan sejuk
b.
Mendatangkan
energy e. memberi kesan romantis
c.
Member efek energik
25.
Untuk memperoleh karyawan yang handal dan cakap, sebuah perusahaan melaksanakan
tahapan-tahapan pengadaan personil sebagai berikut…
a.
Analisis jabatan, rekrutmen, dan seleksi
b.
Pendaftaran, test, pengumuman
c.
Analisis, wawancara, test
d.
Iklan lowongan kerja, pendaftaran
e.
Wawancara, tes tertulis, dan surat panggilan
26.
Suatu proses mencari dan mempengaruhitenaga kerja agar mau melamar untuk
lowongan yang ada dalam perusahaan disebut…
a.
Seleksi
d. analisis jabatan
b.
Bursa
kerja
e. tenaga kerja
c.
Rekrutmen
27.
Tenaga kerja/karyawan yang akan mengisi lowongan kerja diambil dari dalam
perusahaan, yakni dengan cara mutasi atau pemindahan karyawan yang memenuhi
spesifikasi ke suatu bagian tertentu yang kosong atau untuk mengisi tugas baru,
merupakan perekrutan karyawan dari sumber…
a.
Eksternal
d. iklan
b.
Internal
e. surat kabar
c.
outsourcing
28.
Pada sebuah perusahaan, seorang personil kantor harus memenuhi persyaratan yang
meliputi beberapa hal berikut ini…
a.
Persyaratan pendidikan, kecantikan dan berpakaian
b.
Persyaratan pengetahuan, keterampilan, kemandirian
c.
Persyaratan pengetahuan, keterampilan, dan kepribadian
d.
Persyaratan ketrampilan dan kebolehan
e.
Persyaratan fisik dan intelektual
29.
Dibawah ini merupakan manfaat dilaksanakannya pelatihan, kecuali…
a.
Dapat meningkatkan kinerja personil/ karyawan kantor
b.
Karyawn dapat berkembang dengan cepat
c.
Karyawan mampu melaksanakan tugas secara efektif dan efisien
d.
Mampu meningkatkan etos kerja karyawan
e.
Menimbulkan kecemburuan social antar karyawan
30.
Pemindahan karyawan dari satu jabatan ke jabatan lain yang lebih rendah dalam
suatu organisasi sehingga wewenang, tanggung jawab, pendapatan dan statusnyapun
lebih rendah disebut…
a.
Promosi
d. Mutasi
b.
Demosi
e. Rotasi
c. Demonstrasi
kisi-kisi buat xi ak. mana bu`
BalasHapus